Pelatihan UMKM Angkatan III dan IV, Dinkop dan UMKM Sultra Target Legalitas Usaha Pelaku Usaha Baru

Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) adakan pelatihan kewirausahaan angkatan III dan IV. Bertempat di Hotel Athaya Kendari, pelatihan tersebut berlangsung selama 6 hari mulai 27 September 2023 – 2 Desember 2023. Panitia kegiatan menyebutkan dalam laporannya bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku usaha baru terkait legalitas usaha serta dapat menumbuhkembangkan wirausaha pemula dan wirausaha baru.

Hadir dan membuka kegiatan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sultra, Dr. La Ode Muhammad Shalihin, S.Pd.,M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa pelaku usaha mikro adalah pelaku usaha yang omsetnya dibawah 1 Miliyar. Dia mengatakan bahwa beberapa persoalan yang dihadapi oleh pelaku UMKM adalah ketidakpastian usaha, ketidakpastian pasar, sumber daya manusia yang kurang, manajemen usaha, permodalan yang kurang dan banyak lagi. Dirincinya, misal : manajemen usaha, pengelolaan uang usaha yang masih bercampur dengan uang pribadi. Manajemen pengelolaan produk yang masih standar, misal : kemasan kripik masih menggunakan plastik bening sementara saat ini kemasan sudah jauh berkembang.

Dr. La Ode Muhammad Shalihin juga menyebut bahwa salah satu program Dinas yang dipimpinnya saat ini adalah pendampingan Kredit Usaha Rakyat yang sifatnya gratis. “Pelaku-pelaku usaha kecil kita dampingi dan gratis, mulai dari pengurusan berkas, pendampingan di bank sampai pendampingan pengembangan usaha”, ucapnya pada Kamis, 30 November 2023.

Dia juga mengajak kepada para pelaku UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas maka penting juga untuk memanfaatkan market place. “Saat ini Pemerintah Provinsi Sultra memiliki market place yakni Aplikasi Bosara, teman-teman bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk memasarkan produk produk”, pungkasnya. Pantauan media, narasumber kegiatan berasal dari praktisi, akademisi dan lembaga perbankan.